Banu Utomo
Catatan pribadi yang mengulas optimasi server, tutorial Wordpress, SEO, dan serba serbi dunia online.

Fix : Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance. Check Back in a Minute.

Ketika update Wordpress, malah muncul halaman putih dengan pesan error

Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.

Melakukan update WordPress secara berkala entah itu plugin, tema maupun WordPress itu sendiri merupakan hal yang penting untuk keamanan website. Selain keamanan, melakukan update ke versi terbaru juga menambah peningkatan performa dari segi fitur.

Namun ada kalanya ketika kamu melakukan update, bukannya fitur yang didapat malah muncul halaman putih dengan pesan error seperti ini.


Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.


Kalau dibahasa Indonesia-kan kurang lebih gini: lagi maintenance nih, periksa kembali sebentar lagi 😀

Udah nunggu 1 menit, 5 menit hingga 30 menit namun tetap muncul pesan error. Emang yang namanya nunggu itu gak ngenakin, nah terus apa penyebabnya?

Baik, jangan khawatir.


Mengapa Bisa Terjadi Error


Pertama, saya coba jelasin kenapa bisa terjadi error kayak gini. Ketika kamu mencoba melakukan update terbaru plugin, tema, maupun WordPress itu sendiri. Sistem WordPress akan secara otomatis membuat sebuah file yang diberi nama .maintenance di direktori root dimana WordPress itu dipasang, umumnya di bagian public_html.

Pada normalnya ketika update telah selesai, sistem WordPress akan secara otomatis juga menghapus file tersebut. Namun ada kalanya ketika terjadi gangguan, file ini tidak dihapus oleh sistem dan pesan Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute akan tetap muncul.


Cara Mengatasi/Memperbaiki


Gimana cara mengatasi error tersebut? Jawabannya adalah hapus secara manual.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Silahkan masuk ke web server melalui Control Panel atau FTP
  • Setelah masuk, kamu bisa  menuju direktori root dimana WordPress dipasang (tempat dimana kamu menemukan folder wp-content, wp-admin, and wp-includes), umumnya dibagian public_html.
  • Setelah menuju direktori, kamu bisa menemukan file .maintenance. Jika kamu tidak menemukan file tersebut, silahkan centang dulu “Show Hidden Files”.
  • Hapus file .maintenance
  • Refresh halaman website dan selesai

Selamat mencoba, jangan lupa ngopi !

Coffe Time
Coffee Time